:: WELCOME TO MY BLOG, PLEASE COMMENT ::

Monday, November 16, 2015

7 fakta pengendara motor di indonesia


Pendahuluan
Quote:

Tahun 2013 lalu, jumlah orang meninggal di jalan lantaran kecelakaan mencapai angka 27 ribu. Jumlah ini diklaim lebih banyak dari pada korban penyakit mematikan seperti jantung dan TBC yang dikatakan sebagai pembunuh terbesar masyarakat Indonesia. Dari jumlah tersebut, didapatkan angka rata-rata sekitar 80 orang meninggal tiap harinya. Sangat mengerikan, bukan? 

Dari jumlah kematian tersebut, dipastikan jika korban terbanyak adalah pemotor. Sebenarnya hal ini tak begitu mengherankan jika melihat potret para pengendara motor di Indonesia. Ya, tak taat aturan, ugal-ugalan, dan menganggap enteng tiap larangan adalah pemandangan yang sudah biasa ditemui di jalan. Sehingga mungkin kita bisa meraba-raba sendiri jika angka kecelakaan pemotor masih akan tinggi, mengingat kesadaran yang tak kunjung naik 

Nah, berikut adalah fakta-fakta yang kerap dijumpai di jalan dan seringkali jadi biang dari kecelakaan sampai menghilangkan nyawa. Jika agan melakukan yang semacam ini, segera hentikan karena fatal akibatnya, terutama bagi diri sendiri 






Quote: 7 Fakta Pemotor Indonesia yang Bikin Banyak Orang Meninggal di Jalan 

Quote:Quote:1. Lampu Belakang Berwarna Putih

Lampu belakang menyilaukan seperti ini rawan sekali menimbulkan kecelakaan
https://fncounter.files.wordpress.co...-rem_silau.jpg (fncounter.files.wordpress.com)
Quote:

Stoplamp memang harus yang kelihatan agar pengemudi lain bisa awaredan tidak terjadi kecelakaan. Namun demikian, bukan jadi alasan untuk memasang lampu belakang berwarna putih. Sekarang ini mulai banyak motor-motor dimodifikasi seperti ini. Padahal tingkat bahayanya luar biasa tinggi 

Ketika siang hari terik, lampu belakang putih tidak akan terlalu kelihatan. Alhasil, ketika berhenti mendadak pengemudi belakang pun jadi kurang waspada. Akhirnya kecelakaan pun terjadi. Malam hari juga tak kurang bahayanya. Ketika malam lampu belakang yang berwarna putih ini akan menyilaukan pengendara yang ada di belakang. Kejadian kecelakaan lantaran hal ini juga masih sering terjadi. Hentikan hal semacam ini karena akan membahayakan. Alih-alih keren, lampu belakang berwarna putih akan jadi bumerang 

Quote:Quote:2. Sebelum Merah, Puntir Gas Penuh

Terobos lampu kuning selagi bisa jadi penyebab kecelakaan yang paling sering
http://cdn-2.tstatic.net/surabaya/fo...ampu-merah.jpg  (cdn-2.tstatic.net)
Quote:

Tabiat para pengendara kita memang begini. Ketika ada kesempatan untuk melintas padahal panel digital lampu merahnya sudah kuning, ya sudah terobos saja. Malas menunggu lampu merah dijadikan alasan melakukan aksi yang bisa bikin nyawa hilang seketika itu 

Seringkali kecelakaan juga disebabkan karena hal ini. Yang dari arah berlawanan tancap gas terus, padahal di sisi yang lain sudah akan menyala lampu hijaunya. Tahu sendiri bagaimana kelakuan para pemotor ketika lampu hijau. Sudah mirip start-nya MotoGP. Tabrakan tak terhindarkan hanya gara-gara tak mau menunggu lampu merah yang bahkan tak sampai 2 menit 

Quote:Quote:3. Peduli Dengan Smartphone, Tapi Tidak Dengan Nyawa

Lebih sayang smartphone dari pada nyawa
http://dimasprakoso.com/wp-content/u...pe-dijalan.jpg (dimasprakoso.com)
Quote:

Namanya juga mengemudi, maka yang namanya fokus harus jadi prioritas. Alasannya agar kita bisa taktis ketika ada apa-apa di jalan. Sehingga selamat dari hal-hal yang membahayakan. Namun orang-orang sudah sok jago sekarang dengan menganggap fokus hanya untuk mereka yang baru belajar naik motor 

Lalu kemudian malah makin menjadi dengan mainan smartphone. Alhasil, konsentrasi terbagi dan tidak bisa intuitif saat berkendara dan akhirnya kecelakaan. Perlu diketahui, angka kecelakaan tinggi penyebab spesifiknya adalah bermain alat komunikasi sewaktu berkendara. Yang bikin gregetan, sudah tahu membahayakan tapi ketika diperingatkan malah sok jagoan. Padahal ini juga untuk kebaikan dirinya 

Quote:Quote:4. Memaksa Menyalip Tanpa Memperhitungkan Jarak

Ya, akhirnya kecelakaan pun tak bisa terhindarkan
http://cdnimage.terbitsport.com/imag...us%20motor.jpg (cdnimage.terbitsport.com)
Quote:

Alasan lain kenapa kita harus berkonsentrasi di jalan, adalah bisa melakukan manuver dengan enak dan presisi. Apalagi kita dihadapkan dengan mobil-mobil besar yang notabene butuh hitung-hitungan untuk menyalip dan sebagainya. Sayangnya, banyak yang asal geber motor tanpa melakukan hal ini terlebih dahulu. Kecelakaan mengerikan pun tak bisa dihindari 

Memang kita harus bisa mengukur laju plus jarak kendaraan sehingga bisa terlewati dengan aman. Bila tidak ya sudah tunggu waktu yang tepat sampai ada kesempatan untuk menyalip. Memaksa bermanuver akan sangat membahayakan nyawa. Meskipun misalnya tak tertabrak kendaraan di depan, sangat mungkin kita oleng karena terlalu mepet dan akhirnya jatuh kemudian digilas kendaraan yang ada di belakang. Maka berhati-hatilah.

Quote:Quote:5. Meremehkan Fungsi Helm

Dengan dalih tempat dekat akhirnya meremehkan kegunaan helm
https://edorusyanto.files.wordpress....lm-lampung.jpg (edorusyanto.files.wordpress.com)
Quote:

Hanya hal opsional saja memakai pelindung kaki dan lutut ketika berkendara. Namun untuk pelindung kepala alias helm, hukumnya wajib. Helm adalah satu-satunya pelindung kepala kita, tanpanya apa yang kita andalkan ketika terjadi kecelakaan? Sayangnya banyak pemotor yang masih saja tak paham pentingnya benda satu ini 

Tidak memakai helm pun alasannya macam-macam. Biasanya yang paling sering adalah karena tempat yang dituju dekat. Sekarang, apa kita bisa memprediksi di jalan benar-benar aman? Sama sekali tidak. Yang makin miris lagi, anak-anak justru yang sering tak dipakaikan helm. Ya, meskipun dalihnya sama, yaitu jarak dekat, hal semacam ini juga jadi potret egoisme orangtua yang lebih mementingkan keselamatan dirinya sendiri 

Quote:Quote:6. Motor Gede yang Pakai Jalan Seperti Sirkuit

Makin besar dan tangguh motornya, maka tanggung jawabnya juga besar pula
https://ridermatrix.files.wordpress....-cbr1000rr.jpg (ridermatrix.files.wordpress.com)
Quote:

Gengsi pemotor kita itu tinggi sekali, khususnya mereka yang motornya bagus dan mewah. Bukti nyatanya adalah kasus Pawai Harley yang diberhentikan seorang pesepeda beberapa waktu lalu. Lewat kejadian ini pula bisa disimpulkan jika mereka, para pemotor yang kelasnya tinggi, memanglah arogan. Tak hanya ketika pawai, saat berkendara solo di jalan hal tersebut juga seringkali ditunjukkan 

Ya, aksi overtaking meliuk-liuk seringkali dilakukan oleh mereka yang punya motor gede atau sport. Padahal aksi semacam ini tentu saja membahayakan. Apalagi jalannya memanglah padat. Jika ditanya, alasannya karena motornya berat sehingga bawanya harus cepat. Ya, ini memang benar, namun harus diingat pula jika jalanan kita padat. Sangat egois sekali kalau mementingkan diri sendiri kemudian mengorbankan banyak orang 

Quote:Quote:7. Pemula yang Maksa Turun ke Jalan

Bekali kemampuan mengendara sebelum benar-benar turun ke jalan
http://us.images.detik.com/content/2...845_yamaha.jpg (us.images.detik.com)
Quote:

Setiap tahunnya jumlah motor baru yang turun ke jalan makin banyak. Itu artinya, banyak pula pemula yang baru naik motor. Sayangnya, para pemotor baru ini juga jadi alasan kenapa banyak kecelakaan di jalan. Dan seringkali korbannya adalah mereka sendiri 

Banyak pemotor baru yang belum benar-benar bisa mengendalikan motornya dan maksa ke jalan. Sehingga mereka sering melakukan kesalahan-kesalahan yang kadang berakibat fatal. Entah berjalan ke tengah dan sangat pelan, tidak bisa menguasai kendaraan di jalanan tertentu dan sebagainya. Bekali diri dengan skill mengendara mumpuni terlebih dahulu sebelum kemudian turun ke jalan. Tak mengindahkan hal semacam ini maka nyawa lah yang jadi taruhannya 

Quote:Quote:Penutup
Quote:

Ya, beginilah potret para pemotor kita dan mirisnya hal tersebut masih saja sering ditemui. Mengendara memang sejatinya pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun selama perjalanan itu sebenarnya nyawa kita jadi taruhan. Berkendara di jalan seperti masuk ke dalam hutan, kalau tanpa persiapan maka habis sudah kita dimangsa

BRYAN. Powered by Blogger.

DAFTAR ISIAN

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More