:: WELCOME TO MY BLOG, PLEASE COMMENT ::

Thursday, February 18, 2016

Perbedaan Bom Dan Bahan Peledak

Bom

Bom adalah alat yang menghasilkan ledakan yang mengeluarkan energi secara besar dalam rentang waktu singkat. Kata bom berasal dari bahasa Yunani βόμβος (bombos), sebuah istilah yang meniru suara ledakan 'bom' dalam bahasa tersebut.
Ledakan yang dihasilkan bom dapat menyebabkan kehancuran dan kerusakan terhadap benda mati dan benda hidup disekitarnya, yang diakibatkan oleh pergerakan tekanan udaradan pergerakan fragmen-fragmen peledak yang terdapat di dalam bom, maupun serpihan fragmen benda-benda disekitarnya. Selain itu, bom juga dapat membunuh manusia hanya suara yang dihasilkannya saja. Bom telah dipakai selama berabad-abad dalam peperangan konvensional maupun non-konvensional.
Istilah "bom" jarang digunakan untuk menyebut bahan peledak yang dipergunakan untuk keperluan sipil, misalnya dalam pembangunan dan penambangan. Alat peledak dalam militerjuga banyak yang tidak disebut "bom". Pemakaian kata "bom" dalam bidang militer biasanya digunakan untuk menyebut senjata peledak yang dijatuhkan tanpa pemandu dari pesawat udara sementara jenis senjata peledak militer lainnya misalnya granatranjaupeluru kendali,peluru, dan peledak kedalaman tidak disebut "bom".'

Pengertian Bahan Peledak


Bahan peledak adalah bahan kimia yang menghasilkan kekerasan atau reaksi nuklir. Reaksi-reaksi ini menghasilkan sejumlah besar panas dan gas dalam sepersekian detik. Gelombang kejut yang dihasilkan oleh gas berkembang pesat bertanggung jawab untuk banyak kehancuran melihat menyusul ledakan. Mungkin diketahui ledakan tertua adalah mesiu hitam, campuran arang (karbon), sulfur, dan sendawa (potasium nitrat). Ketika tiga bahan kimia ini dinyalakan, reaksi kimia berlangsung sangat cepat. Produk reaksi yang karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur dioksida, dan oksida nitrat (semua gas) serta kalium karbonat dan kalium sulfida (dua padatan). Empat gas yang terbentuk dalam reaksi dipanaskan pada suhu yang sangat tinggi dan berkembang sangat pesat. Mereka membentuk gelombang kejut yang memiliki kemampuan untuk merobohkan pohon, bangunan, orang, dan benda-benda lainnya dengan cara mereka. Gelombang kejut juga membawa dengan itu sangat panas gas yang dapat membakar benda-benda dan memulai kebakaran. Kombinasi gelombang kejut dan temperatur tinggi adalah karakteristik dari sebagian besar jenis bahan peledak.

Sejarah

Mesiu pertama kali ditemukan di Cina tidak lebih dari sekitar tahun 850. Selama ratusan tahun, itu digunakan terutama untuk membuat kembang api. Cina tidak menggunakan bubuk mesiu sebagai senjata perang; itu adalah orang Eropa pertama yang diadaptasi bahan peledak untuk digunakan dalam senjata. Pada abad keempat belas, Eropa secara luas menggunakan peledak sebagai perangkat militer untuk batu, proyektil spearlike, dan bola logam dari meriam dan senjata proyek.[

Hal-hal untuk Tahu

Peledak kimia: Sebuah senyawa atau campuran yang melepaskan energi kimia keras dan cepat, menciptakan panas dan gelombang kejut yang dihasilkan oleh pelepasan gas.
Dynamite: Sebuah ledakan yang dibuat dengan merendam inert (tidak aktif atau stabil), zat penyerap dengan campuran (1) nitrogliserin atau ammonium nitrat, (2) zat mudah terbakar (zat dengan kemampuan untuk membakar), seperti pulp kayu, dan (3) antasida.
Mesiu: Sebuah ledakan campuran arang, potasium nitrat, sulfur dan sering digunakan untuk mendorong peluru dari senjata dan peluru dari meriam.
Nitrogliserin: Sebuah cairan peledak yang digunakan untuk membuat dinamit. Juga digunakan sebagai obat untuk melebarkan pembuluh darah.
Ledakan nuklir: Sebuah perangkat yang memperoleh kekuatan ledakan yang dari pelepasan energi nuklir.
Pengertian Bahan Peledak
Pengertian Bahan Peledak
TNT: trinitrotoluene, sebuah ledak tinggi.
Untuk 500 tahun ke depan, mesiu digunakan hampir secara eksklusif untuk piroteknik (kembang api) menampilkan dan dalam peperangan. Kemudian, pada tahun 1856, ahli kimia Italia Ascanio Sobrero (1812-1888) menemukan modern pertama peledak, nitrogliserin. Penemuan Sobrero adalah, sayangnya bagi banyak pengguna awal, terlalu tidak stabil untuk digunakan secara aman. Nitrogliserin mudah meledak jika terbentur atau terguncang.
Pada tahun 1859, penemu Swedia Alfred Nobel (1833-1896) mulai mencari cara untuk paket nitrogliserin aman. Solusi nya adalah untuk campuran nitrogliserin dengan (tidak aktif) bahan penyerap lembam disebut kieselguhr. Dia disebut dinamit penemuannya.
Hampir semalam, penemuan Nobel merevolusi industri pertambangan. Dynamite adalah lima kali lebih kuat sebagai mesiu, relatif mudah untuk menghasilkan, dan cukup aman untuk digunakan. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, bahan peledak mulai digunakan untuk tujuan produktif; menyobek tanah untuk mendapatkan akses ke mineral berharga.
Nobel menjadi sangat kaya sebagai hasil dari penemuan. Tapi dia dikatakan telah khawatir tentang potensi mengerikan bagi kehancuran yang penemuannya telah dimungkinkan. Ketika ia meninggal, ia mengarahkan bahwa kekayaannya digunakan untuk membuat Nobel Foundation, yang tujuannya adalah untuk membawa perdamaian abadi dan muka teknologi. Hadiah Nobel di berbagai bidang ilmu pengetahuan sekarang penghargaan tertinggi bahwa para ilmuwan bisa mendapatkan.[

Jenis bahan peledak

Bahan peledak dapat diklasifikasikan ke dalam salah satu dari empat kategori besar: primer, rendah, tinggi, dan nuklir bahan peledak.
Bahan peledak utama. Peledak primer umumnya digunakan untuk mengatur peledakan lainnya. Mereka sangat sensitif terhadap shock, panas, dan listrik dan, karena itu, harus ditangani dengan hati-hati. Dua contoh umum adalah merkuri marah dan azida timah. Peledak primer juga dikenal sebagai memulai peledak, tutup peledak, detonator, atau primer.
Rendah bahan peledak. Rendah peledak dicirikan oleh fakta bahwa mereka membakar hanya pada permukaan mereka. Sebagai contoh, ketika sebuah silinder mesiu hitam terbakar, mulai terbakar di salah satu ujung silinder dan kemudian berlanjut ke ujung yang lain. Proses ini berlangsung sangat cepat, bagaimanapun, dan selesai hanya dalam beberapa seperseribu detik.
Ini milik pembakaran melambat lebih disukai di senjata dan artileri karena terlalu cepat ledakan dapat menyebabkan senjata itu sendiri untuk meledakkan. Sebuah ledakan lebih lambat memiliki efek membangun tekanan untuk memaksa peluru atau shell lancar dari senjata. Kembang api juga adalah bahan peledak rendah.
Bahan peledak tinggi. Tinggi bahan peledak yang jauh lebih kuat dari bahan peledak utama. Ketika mereka diledakkan, semua bagian dari ledakan meledakkan dalam beberapa sepersejuta detik. Beberapa juga kurang mungkin dibandingkan bahan peledak primer meledak oleh kecelakaan. Contoh bahan peledak tinggi termasuk ANFO (amonium nitrat-bahan bakar campuran minyak), dinamit, nitrogliserin, PETN (pentaeritritol tetranitrat), asam pikrat, dan TNT (trinitrotoluene). Mereka memberikan kekuatan ledakan yang disampaikan oleh granat tangan, bom, dan artileri.
Bahan peledak tinggi yang dipicu oleh panas disebut bahan peledak primer. Bahan peledak tinggi yang dapat berangkat hanya dengan detonator yang disebut bahan peledak sekunder. Ketika dicampur dengan minyak atau lilin, bahan peledak tinggi menjadi seperti tanah liat. Bahan peledak plastik ini dapat dicetak menjadi berbagai bentuk untuk menyembunyikan mereka atau untuk mengarahkan ledakan. Pada 1970-an dan 1980-an, bahan peledak plastik menjadi senjata favorit teroris (orang-orang yang menggunakan kekerasan untuk memaksa pemerintah dalam pemberian tuntutan mereka). Plastik bahan peledak bahkan dapat ditekan datar untuk masuk ke dalam sebuah amplop surat biasa untuk digunakan sebagai “bom surat.”
Bahan peledak nuklir. Penelitian selama Perang Dunia II (1939-1945) menghasilkan jenis yang sama sekali baru dari peledak: bahan peledak nuklir. Nuklir bahan peledak menghasilkan daya ledak mereka tidak dengan reaksi kimia, seperti bahan peledak tradisional, tetapi melalui reaksi nuklir. Pada beberapa jenis reaksi nuklir, inti atom besar dibagi (atau telah terbagi) menjadi dua bagian dengan pelepasan sejumlah besar energi. Dalam kedua jenis reaksi nuklir, inti atom kecil digabungkan (atau menyatu) untuk membuat inti tunggal yang besar, lagi dengan merilis sejumlah besar energi.
Kedua jenis bahan peledak nuklir pertama kali digunakan sebagai senjata pada akhir Perang Dunia II. Bom atom pertama di dunia, dijatuhkan di Hiroshima, Jepang, pada tahun 1945, misalnya, adalah senjata fisi. Bom hidrogen pertama di dunia, diuji di Bikini Atoll di Samudra Pasifik pada tahun 1952, adalah senjata fusi.
Sejak akhir Perang Dunia II, setengah lusin negara di dunia terus mengembangkan dan membangun baik fisi dan fusi senjata. Upaya juga telah dilakukan untuk menemukan penggunaan damai untuk bahan peledak nuklir, seperti dalam operasi pertambangan, meskipun upaya tersebut belum sepenuhnya berhasil.


0 good:

BRYAN. Powered by Blogger.

DAFTAR ISIAN

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More